Sunday, August 3, 2014

TUJUAN, MANFAAT & EFEK SAMPING BERCOSPLAY

TUJUAN yang ingin dicapai / dihasilkan dalam BERCOSPLAY:

Singkatnya tujuannya adalah: Fun, yaitu rasa riang / senang.
Keberhasilan utama dalam bercosplay adalah rasa riang / senang. Dan bercosplay dapat dikatakan gagal jika pulang dalam keadaan tidak riang / senang. Walaupun memerankan karakter antagonis bagaimanapun, hobi cosplay idealnya memberikan rasa Fun.

Di bawah ini beberapa penjabaran tujuan bercosplay antara diri sendiri dan orang lain yang melihatnya.

Bagi diri sendiri:
  1. Wadah pertemanan dan pergaulan / bersosialisasi.
  2. Hobby, Melepaskan kepenatan akan rutinitas.
  3. Membangkitkan sense of amazing.


Bagi orang yang melihat / penonton:
  1. Menghibur orang lain yang melihat.
  2. Memberikan rasa senang bagi orang yang melihat.


TUJUAN SPESIFIK / EGO PORTFOLIO / SELF CENTRIC
  1. Foto 
  2. Fame / ketenaran 
  3. Uang

--------------------------------------------

MANFAAT BERCOSPLAY BAGI PELAKUNYA:
  1. Melatih kreatifitas & seni (Crafting, Sewing, Fashion Mix & Match, Make Up, Acting, Teamwork, dll.)
  2. Melatih mental & kepercayaan diri tampil di muka umum.
  3. Pergaulan yang menghibur dan terhibur.

--------------------------------------------

EFEK SAMPING PERGAULAN COSPLAY:
  1. Terkadang terjerumus pada pergaulan tidak sehat seperti, cyber bullying, pertengkaran antar kubu2an, Gap antar generasi, dsb.
  2. Terkadang biaya yang dibutuhkan tidak sedikit.
  3. Mabuk ketenaran
  4. Persaingan kurang sehat karena iri hati atau kedengkian.
  5. Era pergaulan via sosmed yang sulit membendung opini atau komen2 menyakitkan.
  6. Sering terjadi seorang remaja mulai bercosplay dengan pengertian dan kesanggupannya yang masih terbatas, menjadi sasaran ejekan. Padahal yang bersangkutan tidak sengaja bercosplay kurang baik, dan akhirnya karna sakit hati, dia berhenti melanjutkan hobby cosplaynya.
  7. Juga sering terjadi jika membantu cosplayer pemula, bukan menggunakan uang, tenaga, bantuan tenaga, tetapi menggunakan kata2 kritik dan sindirian, yang akhirnya tidak berguna dan malah mengakibatkan sakit hati si cosplayer pemula tersebut.
  8. Kesukaan yang berlebihan yang berubah menjadi fanatik yang akhirnya terlalu mendewakan "sesuatu" tanpa menggunakan akal sehat, dan memikirkan efek sampingnya. Contoh: Karena kesukaan akan hobi cosplay, malah berubah menjadi fanatisme berlebihan terhadap negara tertentu.

--------------------------------------------

Dengan adanya tulisan ini, semoga tujuan dan manfaat bercosplay dapat lebih ditingkatkan, dan efek negatifnya dapat dikurangi bahkan dihilangkan.
Semangat cosplayer indonesia!