Monday, August 11, 2014

Asakusa Samba Carnival


Bukan di Brasil, Ini Karnaval Samba di Jepang.

Siapa yang tak tahu karnaval Rio de Janeiro di Brasil? Ratusan penari bergoyang samba dengan aneka kostum dan terlihat seksi. Namun rupanya, Jepang juga punya karnaval seperti itu di Tokyo yakni Asakusa Samba Carnival. 

Asakusa Samba Carnival merupakan karnival terbesar yang ada di Jepang. Berlokasi di distrik Asakuksa, Tokyo inilah karnival tahunan yang selalu ramai disaksikan setengah juta turis.


Karnaval tersebut dianggap sebagai salah satu cara sukses pemerintah Jepang untuk mendatangkan banyak turis. Pertama kali digelar dai tahun 1981, karnival ini memang selalu jadi incaran turis yang melancong ke Tokyo.


Biasanya, Asakusa Samba Carnival digelar pada akhir bulan Agustus. Ratusan peserta dengan berbagai kostum bakal berlenggak-lenggok di sepanjang jalan Asakusa. Mereka menggenakan aneka kostum dengan berbagai ukuran dan warna. Yang paling mencuri perhatian turis, tentu adalah para wanita yang berkostum seksi sambil bergoyang samba yang diiringi musik perkusi.


Para wanita tersebut berasal dari berbagai negara, termasuk para wanita Jepang. Turis pun bisa menyaksikan dari pinggir jalanan. Asyiknya, beberapa peserta bakal mendekatkan ke turis untuk menggoda atau mengajaknya ikut bergoyang samba.


Tiap-tiap peserta Asakusa Samba Carnival juga memiliki tema masing-masing. Ada yang bertemakan cheerleader, film Star Wars hingga sepak bola. Mereka pun bakal memperebutkan hadiah dari dewan juri.