Saturday, August 2, 2014

Bisnis pakai instagram

Langkah berikut mungkin bisa membantu dalam dalam memaksimalkan instagram untuk media promosi bisnis kita:

  • NAMA. Gunakan nama yang mudah diingat, menarik, dan kalau bisa menggambarkan produk / jasa kita.
  • LOGO & PROFIL. Pasang logo bisnis atau produk yang identik dengan bisnis kita sebagai foto profil akun Instagram kita. Jangan lupa menuliskan sedikit keterangan tentang usaha kita, dan mencantumkan alamat serta nomor telepon pada bagian profil. Jangan berkecil hati meskipun Anda baru memulai bisnis tersebut.
  • VIDEO & QUOTES & DLL. Jangan melulu menampilkan foto produk. Follower akan mudah bosan dengan akun kita. Karena instagram sudah dilengkapi fasilitas video, ada baiknya kita juga mulai memikirkan untuk menampilkan promo-promo atau konten video. Sesekali tampilkan video mengenai proses kerja bisnis kita. Kadang-kadang menampilkan sesuatu seputar "behind the scene" juga disukai. Dan... kutipan kalimat inspiratif selalu disuka di media sosial, lho.
  • FOTO MENARIK. Perkenalkan produk-produk yang kita miliki melalui foto yang kita unggah ke Instagram. Tentunya foto harus dalam tampilan menarik agar mudah menarik perhatian pengguna.
  • KETERANGAN PRODUK. Tampilkan kegunaan produk, lebih bagus lagi kalau keterangannya insert dalam fotonya. Lain-lainnya adalah: menampilkan kondisi barang, cara pemesanan, dan lain-lain yang diperlukan.
  • BERIKAN SEDIKIT HIBURAN. Perlu kita ketahui, jika tujuan dari instagram didirikan adalah agar setiap orang berbagi foto ataupun video. Agar tidak terlalu monoton. Kita juga bisa memberikan sedikit hiburan, seperti memberikan foto lucu, atau video lucu. Namun tidak mengurangi kapasitas foto produk yang ingin kita jual. Dan bagi para followers juga tidak akan menolak jika kita mengunggah foto – foto lucu.
  • KONTES. Kontes selalu laku di media sosial. kita pun bisa membuat kontes demi menarik calon konsumen atau setidaknya follower. Pergunakan tagar (hashtag) unik agar lebih menarik.
  • KOMUNIKASI 2 ARAH. Selanjutnya komunikasi dua arah juga penting. Berikan tanggapan atas komentar para follower kita. Ingat gunakan bahasa yang santun, namun tidak kaku. Follower berpotensi menjadi konsumen bahkan pelanggan. 
  • HASTAG. Penggunaan hastags sangat penting, karena dapat menargetkan pemasaran untuk orang yang memang tertarik pada produk atau layanan kita. Sebagai contoh, seseorang sedang mencari trending topics dan hastags yang berhubungan dengan produk kita untuk menemukan orang-orang yang secara khusus tertarik pada produk atau layanan kita. Kita dapat secara langsung menargetkan kepada orang-orang ini, daripada membuang-buang waktu untuk berupaya mencari menarik perhatian orang-orang yang tidak tertarik pada produk kita.
  • FOLLOW. Follow orang yang menggunakan hastag produk yang ada di toko online kita. Bisa saja orang ini adalah sesama pelaku, atau penggemar, atau membagikan pengalamannya. hal ini dapat berguna sebagai media acuan bagi kita juga.Follow mereka sebanyak-banyaknya.
  • FAST RESPON. Respon cepat adalah salah satu kunci keberhasilan. Walaupun ada komentar-komentar iseng dan pertanyaan tidak serius, jelaskan! Jelaskanlah dengan baik dan sopan. Hal ini berguna bagi pembaca-pembaca lainnya yang juga mungkin akan tercuri minatnya.
  • POSTING BERKALA. Jangan malas, update berkala akan mendekatkan hubungan emosional antara calon konsumen bahkan calon pelanggan kita.
  • DISKON & BONUS. Diskon & bonus adalah cara yang tidak pernah ketinggalan jaman, dan selalu menarik perhatian calon konsumen.
  • BUAT FOTO GALLERY DI BLOG. Tentu ada saja calon konsumen atau calon pelanggan yang membutuhkan informasi lebih banyak, misalnya seperti katalog online. maka dari itu buatlah album foto galeri di blog. selain itu, blog juga memiliki kelebihan tersendiri karena bisa saja dikunjungi oleh pengunjung non instagram user.
  • INTIP KOMPETITOR. Awasi kompetitor atau pesaing kita. Intip strategi dan trik mereka dalam meningkatkan follower atau keberhasilan mereka dalam menjual.
Selamat mencoba :)