Sunday, August 10, 2014

Tips Menulis Cover Letter Lamaran Pekerjaan

Mengirimkan lamaran pekerjaan, sebaiknya dilengkapi dengan cover letter. Apa itu cover letter dan apa pentingnya? Cover letter adalah rangkuman secara garis besar mengenai isi curriculum vitae (CV) yang disertakan pada halaman muka lamaran pekerjaan.

Cover letter yang baik akan mengantarkan kamu pada seleksi tahapan berikutnya. Mengapa? Karena ibaratnya cover letter adalah baju yang dikenakan oleh para pelamar, yang "menjual" dan membedakan kamu dengan pelamar lainnya.

Perusahaan tentunya setiap hari menerima ratusan hingga ribuan lamaran pekerjaan dan mereka tak punya waktu untuk mengamati satu-persatu lamaran pekerjaan yang masuk. Di sinilah cover letter berperan penting.

Bagaimana cara menulis cover letter yang baik? Sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Cover letter haruslah melengkapi, bukan sekedar memindahkan data-data di CV kamu. Tujuannya adalah membantu perusahaan untuk menafsirkan kualifikasi pelamar secara sekilas.
  2. Cover letter yang dibuat haruslah sesuai dengan setiap tujuan dan posisi yang kamu incar. Jangan mengirimkan cover letter yang sama pada semua perusahaan yang ingin kamu masuki.
  3. Cover letter yang efektif yaitu menjelaskan alasan atas minat kamu pada perusahaan dan mengidentifikasi ketrampilan atau pengalaman yang sesuai dengan posisi yang diincar.

Yang tak kalah pentingnya adalah hindari menulis cover letter yang terlalu panjang. Setengah hingga satu halaman dengan bahasa yang mudah dimengerti dan informasi yang jelas sudah cukup.

Meski tampak sepele, cover letter menjadi hal penentu kesuksesan kamu.

Memang butuh latihan, tetapi jangan menyerah dan teruslah berlatih membuat cover letter yang memikat bagi perusahaan yang kamu incar.